Menjelaskan beberapa Layout yang digunakan pada Android Studio Kotlin

Heyyoo gengs! Kembali bersama saya. Kali ini saya ingin menjelaskan beberapa jenis Layout pada Android Studio.

Berikut Layout-nya:

  • LinearLayout

Sebuah linear layout, sesuai dengan namanya menampilkan dan memposisikan elemen di dalamnya dalam satu arah, secara horizontal atau vertikal. Arahnya dapat diatur melalui atribut android:orientation.

  • RelativeLayout

Dalam sebuah RelativeLayout, kita memposisikan view di dalamnya relatif terhadap view lain atau si parent view-nya.

  • PercentRelativeLayout

PercentRelativeLayout adalah tambahan baru di Design Support Library. Layout ini memperbolehkan suatu view selain memiliki posisi yang relatif dengan view lain dia juga dapat mengambil persentase dari ruang yang tersedia. Sebelum ini jika menginginkan dua elemen berada sejajar dengan tinggi/lebar yang sama, maka kita biasanya menggunakan LinearLayout di dalam sebuah RelativeLayout. PercentRelativeLayout dibuat untuk menyelesaikan permasalahan semacam ini.

  • FrameLayout

Dalam sebuah FrameLayout kita menampilkan isinya lewat z-index. Artinya, View paling akhir akan berada di atas View yang lain.

  • Constraint Layout

Constarint Layout memungkinkan kita membuat tata letak yang besar dan kompleks dengan tampilan datar. Ini hampir mirip dengan Relative Layout karena semua tampilan ditata berdasarkan hubungan antara satu objek dengan yang lain, tetapi lebih fleksibel daripada RelativeLayout dan lebih mudah digunakan dengan Editor Layout Android Studio.

Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya. Bye…

Leave a Comment