Prinsip Dasar Islam: Pengertian Islam & Tingkatannya – Ustadz Mahfudz Umri, Lc.

Assalamualaikum Sobat Baraja, kali ini kita akan mengulas nih tentang pengertian islam dan tingkatannya. Islam sendiri itu mempunyai tingkatan” yang harus taati dan dilakukan oleh setiap muslim tentunya.

Pertama adalah rukun Islam. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya rukun islam adalah kewajiban setiap muslim yang harus dikerjakan baik dalam keadaan suka maupun duka. Setiap muslim tidak akan dianggap muslim jika dia tidak melakukan rukun islam kecuali Islam KTP.

 عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.[رواه الترمذي ومسلم ]

Artinya : Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khottob radiallahuanhuma dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (Riwayat Turmuzi dan Muslim)

Yang kedua adalah Iman yang berarti yakin. Iman sendiri bisa di bagi menjadi 3 yakni diyakini dengan sepenuh hati, diucapkan secara lisan dan dilaksanakan dengan tindakan. Tanpa Iman kita akan menjadi seseorang yang sombong atas kenikmatan di dunia ini seolah-olah hidup ini itu abadi dan tidak ada yang mengatur kehidupan ini, mereka lupa bahwasanya hidup di dunia ini hanya sementara dan tipu daya semata.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan. – (Q.S Al-Anbiya: 35)

Ketiga adalah Ihsan. Ihsan itu ibarat seolah-olah Allah selalu ada bersama kita. Coba dibayangin ketika anda lagi sholat dan disaat sujud anda merasakan ada yang mengelus kepala anda dan itu adalah Allah pastinya hati akan terasa lebih damai dan tentram, selain itu coba dibayangin ketika anda naik pesawat yang pastinya anda percaya dengan pilotnya untuk mengemudikan pesawat lantas kenapa banyak dari mereka yang tidak percaya kepada Allah? . Disaat ihsan ini sudah melekat pada diri kita, insyaallah Allah akan mempermudah segala urusan kita baik mengejar dunia maupun akhirat.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖفَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” QS. Al-Baqarah ayat 186

Selebihnya teman-teman bisa lihat di channelnya Rodja TV yang dipandu Ustadz Mahfudz Umri, Lc. Sekian Terima kasih, Semoga bermanfaat😊



spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Memanfaatkan Include Dan Required Function Pada PHP

 Halo teman-teman sobat baraja udacoding, selamat datang kembali di...

CARA MEMBUAT KONEKSI DATABASE DI PHP

Halo teman-teman, selamat datang kembali di baraja uda coding....

Pseudo Class Dan Penggunaannya part 2

Anchor Pseudo-classesMerubah link dengan beberapa cara yang berbeda tergantung...

Gridview and Container with Random Colors

Hallo sobat flutter, selamat pagi, siang, sore, malam. Apa...

Mengenal Pseudo Element Dan Penggunaannya part 2

Seperti yang kita semua ketahui tentang Pseudo Element pada artikel...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here