Apa Itu Flutter

Flutter adalah platform yang digunakan para developer untuk membuat aplikasi multiplatform hanya dengan satu basis coding (codebase). Artinya, aplikasi yang dihasilkan dapat dipakai di berbagai platform, baik mobile Android, iOS, web, maupun desktop. Flutter merupakan SDK opensource yang dikembangkan dan dikelola oleh Google yang dirilis pertama kali pada tahun 2017. Flutter sendiri menggunakan bahasa pemrograman dartCompiler aplikasi dart menggunakan metode “ahead of time (AOT)”, dimana sistem yang sudah di compile sedari awal menjadi sistem native, sehingga dapat membantu kita lebih cepat pada saat mendevelop dan running aplikasi.

Berikut Merupakan Beberapa Kelebihan dari Flutter yang perlu kamu keetahui

  1. Desain UI yang Cantik (Expressive UI): Flutter terintegrasi dengan Material Design, memudahkan pembuatan aplikasi dengan tampilan menarik dan responsif, serta berjalan pada 60 frame-per-second.
  2. Hot Reload: Fitur ini memungkinkan perubahan kode muncul langsung di aplikasi tanpa perlu me-restart, mempercepat proses pengembangan dan debugging.
  3. Single Codebase: Dengan bahasa Dart, Flutter memungkinkan penulisan satu basis kode untuk Android dan iOS, menghemat waktu dan usaha.
  4. Flutter Doctor: Alat ini memeriksa kesehatan proyek dan mendeteksi masalah dengan mengetik perintah flutter doctor.
  5. Mudah Dipelajari: Menggunakan Dart yang mendukung pemrograman berbasis objek (OOP), Flutter dianggap mudah dipelajari dan disetup.
  6. Dukungan IDE: Flutter bisa digunakan dengan IDE populer seperti Android Studio, IntelliJ IDEA, dan VSCode.
  7. Komunitas Besar: Banyak forum dan komunitas pengembang Flutter yang aktif, membantu dalam mengatasi masalah dan berbagi informasi.
  8. Menghemat Waktu dan Biaya: Fitur multiplatform Flutter memungkinkan pengembangan dan pengujian aplikasi untuk Android dan iOS secara bersamaan, menghemat biaya dan waktu.
  9. Dengan kombinasi fitur-fitur tersebut, Flutter menjadi pilihan populer di kalangan developer yang ingin membuat aplikasi dengan performa tinggi dan tampilan yang menarik secara efisien.

Jika Anda mencari cara efisien dan menarik untuk membuat aplikasi multiplatform, Flutter adalah pilihan yang tepat. Dikembangkan oleh Google, Flutter memungkinkan Anda membangun aplikasi yang berjalan di Android, iOS, web, dan desktop hanya dengan satu basis kode. Dengan bahasa Dart yang mudah dipelajari, Flutter menyederhanakan proses pengembangan tanpa mengorbankan performa. Flutter menawarkan desain UI yang cantik dan responsif berkat integrasi dengan Material Design, serta fitur Hot Reload yang memungkinkan perubahan kode terlihat instan, mempercepat debugging dan pengembangan. Alat Flutter Doctor membantu memastikan proyek Anda bebas dari masalah.

Apa Itu Flutter? Berikut 8 Kelebihannya Yang Perlu Kamu Ketahui – Caraguna

Apa itu Flutter? Inilah Alasan Mengapa Flutter Layak Anda Pakai! (niagahoster.co.id)

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here