Inovasi UI/UX yang Menyegarkan dalam Dunia Pendidikan

Photo by WebFactory Ltd on Unsplash

Apakah kamu pernah merasa bingung atau kesulitan saat menggunakan sistem informasi di kampus? Tenang, kamu tidak sendirian! Banyak mahasiswa mengalami hal yang sama. Tapi sekarang, ada kabar baik! Sebuah penelitian baru telah dilakukan untuk membuat pengalaman menggunakan sistem informasi akademik menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang peduli dengan kenyamanan belajar. Mereka ingin membuat perubahan positif bagi teman-teman mereka di kampus. Jadi, apa yang mereka lakukan?

Pertama-tama, mereka berbicara dengan ahli dan pengembang sistem informasi untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh para pengguna, yaitu kamu dan teman-temanmu. Setelah itu, mereka melakukan survei online kepada 330 mahasiswa untuk mengetahui kebutuhan dan harapan mereka terhadap sistem informasi akademik.

Berdasarkan hasil survei, tim ini mulai merancang prototipe baru sistem informasi akademik menggunakan sebuah aplikasi desain bernama Figma. Mereka ingin memastikan bahwa desainnya ramah pengguna dan mudah dipahami oleh semua orang.

Setelah prototipe selesai, mereka mengajak 50 mahasiswa untuk mencoba dan memberikan masukan melalui kuesioner. Bagaimana hasilnya? Lebih dari separuh dari mereka merasa bahwa pengalaman menggunakan sistem informasi akademik menjadi lebih baik dan lebih mudah!

Bagaimana dengan peningkatan yang signifikan? Nah, tim peneliti menemukan bahwa skor kepuasan, kemampuan belajar, efisiensi, dan tingkat kesalahan bebas dari prototipe yang baru jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan lebih lanjut, ini adalah langkah awal yang sangat positif!

Jadi, apa artinya semua ini bagi kamu? Artinya, pengalaman belajar kamu di kampus akan menjadi lebih menyenangkan dan lebih efisien. Kamu tidak perlu lagi merasa bingung atau kesulitan saat menggunakan sistem informasi akademik. Ini semua berkat upaya teman-temanmu yang peduli dengan kenyamanan belajar.

Jangan ragu untuk memberikan masukan atau saran kepada mereka jika kamu memiliki ide untuk membuat sistem informasi akademik menjadi lebih baik lagi. Bersama-sama, kita bisa menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan lebih ramah pengguna!

Sumber: Ahmad Muktamar, Cindy Sandra Lumingkewas, Agus Rofi’i. “The Implementation of User Centered Design Method in Developing UI/UX.” JISTE (Journal of Information System, Technology and Engineering), Volume 1, No. 2, pp. 26-31, Juni 2023. ISSN: 2987-6117. http://gemapublisher.com/index.php/jiste

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here