Mari kita pahami konsep kunci Flutter.

Istilah “kunci” di Flutter mengacu pada identifikasi yang diberikan pada widget untuk mengidentifikasinya secara spesifik. Kunci sangat penting untuk mengelola status widget, memperbarui antarmuka pengguna secara efektif, dan mempertahankan status widget selama pembangunan kembali. Berikut beberapa ide penting tentang kunci di Flutter, beserta beberapa ilustrasinya:

Kunci Global

Widget hanya dapat diidentifikasi dengan “GlobalKey” di seluruh aplikasi. Ini sering digunakan ketika Anda perlu memanggil metode pada widget anak atau mengakses status widget tertentu dari area lain di program Anda.

Kunci Nilai

Widget diidentifikasi dengan kunci “ValueKey” berdasarkan nilainya, bukan identitasnya. Saat bekerja dengan daftar atau kumpulan widget, di mana kuncinya membedakan berbagai objek berdasarkan nilai tertentu, ini sering digunakan.

Kunci Objek

ObjectKey adalah kunci yang membedakan widget tergantung pada identifikasi suatu objek. Akan sangat membantu jika widget mengubah karakteristiknya sekaligus mempertahankan identitasnya (misalnya, saat widget dibuat ulang dengan data baru).

Kunci Unik

UniqueKey mengacu pada kunci yang menjamin eksklusivitas di antara semua kunci lain yang digunakan dalam lingkungan build yang sama. Saat Anda perlu membangun kembali sebuah widget sepenuhnya, memastikan widget tersebut tidak memiliki identitas yang sama dengan widget lainnya, Anda biasanya menggunakan teknik ini.

Ini adalah beberapa jenis Flutter penting yang menyediakan manajemen dan identifikasi widget yang efisien. Anda dapat mengelola status widget, mengoptimalkan pembaruan widget, dan memastikan perilaku widget yang tepat di aplikasi Flutter Anda dengan memanfaatkan tombol yang tepat.

https://medium.com/@parthbhanderi01/lets-understand-the-concept-of-flutter-s-key-e73d270110c2

Subscribe

Related articles

Menjelajahi Persimpangan Flutter dan IoT

Di dunia yang semakin ditentukan oleh perangkat yang saling...

Flutter Lints — Praktik Pengodean yang Baik

Flutter Lints mengacu pada serangkaian aturan lint atau aturan...

Cara menyiapkan & mengunggah Android App Bundle pada PlayStore

Mengapa menggunakan AAB? Ada jawaban sederhana untuk itu..Karena hal ini...

Kesalahan umum dengan ListViews di Flutter

Beberapa hal yang harus dihindari agar pengguliran tetap lancar 1....

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here