Mengenal Apa Itu Next.js

Next.js merupakan salah satu framework berbasis JavaScript yang cukup sering digunakan oleh para developer. Sebab, framework Next.js memiliki sejumlah fitur untuk menunjang kebutuhan pengembangan website dan menawarkan berbagai fitur optimasi, serta dukungan CSS yang tidak kalah menarik dibandingkan framework lain. 

Apa itu Next.js 

Next.js adalah framework open-source untuk membuat aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Sederhananya, Next.js memudahkan pengembangan aplikasi web dengan menyediakan sejumlah fitur dan fungsi yang dapat mempercepat proses pembuatan dan pengembangan. 

Next.js memberikan banyak manfaat bagi pengembang aplikasi web, termasuk kemampuan untuk membuat tampilan (UI) yang responsif dan SEO-friendly dengan cepat, mengelola state aplikasi dengan mudah, serta mengoptimalkan kinerja aplikasi web secara otomatis. Selain itu, Next.js juga memiliki dukungan untuk Server-side Rendering (SSR) dan Static Site Generation (SSG), yang memungkinkan aplikasi web untuk dihasilkan dan diakses dengan lebih cepat. 

Tidak hanya itu, Next.js juga mudah untuk dipelajari dan digunakan. Sebab, Next.js memiliki dokumentasi yang lengkap dan banyak tersedia di internet. Ada juga banyak komunitas dan paket modul (package modules) yang mendukung pengembangan dengan Next.js. 

Dalam pengembangan aplikasi web, Next.js sangat berguna untuk mempercepat proses pengembangan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Jadi, jika kamu tertarik untuk belajar Next.js, pastikan untuk memulai dengan mempelajari dasar-dasarnya dan mencoba membuat aplikasi sederhana terlebih dahulu.  

Bagaimana cara kerja Next.js? 

Next.js bekerja dengan memanfaatkan beberapa fitur dan teknologi modern dalam pengembangan web, seperti React, Node.js, dan Webpack. Berikut adalah cara kerja Next.js secara umum: 

  1. Server-side rendering (SSR) atau Static Site Generation (SSG), Next.js memungkinkan pengguna untuk memilih antara SSR atau SSG untuk menghasilkan halaman web. Jika kamu memilih SSR, Next.js akan membuat server untuk menghasilkan halaman web pada sisi server, sehingga halaman web dapat dihasilkan dan dikirimkan ke browser dengan cepat. Sedangkan SSG menghasilkan halaman statis saat build time, sehingga halaman web siap untuk ditampilkan di browser tanpa menunggu waktu loading.
  2. Code splitting, Next.js memanfaatkan teknik code splitting untuk memecah kode aplikasi menjadi beberapa file yang lebih kecil, sehingga halaman web dapat dihasilkan lebih cepat. Teknik ini memungkinkan pengguna hanya mengunduh kode yang diperlukan untuk halaman tertentu, bukan seluruh aplikasi, sehingga waktu loading menjadi lebih cepat. 
  3. Automatic optimization, Next.js memberikan dukungan untuk optimasi secara otomatis untuk mempercepat kinerja aplikasi web. Misalnya, Next.js akan menghasilkan gambar dalam format yang lebih kecil dan lebih optimal, mengubah ukuran gambar, melakukan preloading, dan banyak lagi. Semua optimasi ini dapat membantu aplikasi web bekerja lebih cepat dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 
  4. Hot module replacement, Next.js juga memungkinkan pengembang untuk melihat perubahan kode langsung di browser tanpa harus memuat ulang halaman web. Fitur ini sangat berguna saat melakukan pengembangan karena mempercepat proses debugging dan iterasi.  

Apa saja fitur pada Next.js? 

  • Routing pages. Semua file halaman pada folder pages merupakan file routing sehingga pengguan tidak perlu lagi membuat file routing yang berbeda dan memangkas waktu untuk membangun project. 
  • Built-in CSS Support. Pengguna dapat mengimpor CSS dari file JavaScript karena Next.js memiliki fitur build-in CSS support yang terbilang canggih. Dengan tag <style.jsx> sehingga secara default semua skrip CSS di dalam tag dapat dipisahkan untuk halaman tertentu. 
  • Layout Component. Pengguna Next.js dapat memecah konstruksi halaman menjadi kumpulan komponen yang nantinya setiap komponen dapat duguanakan pada halaman lain.  
  • Font Optimization. Fitur ini megatur inline font CSS secara otomatis pada tahap build. 
    • Image Optimization. Dengan fitur ini, Next.js dapat melakukan resize gambar sesuai dengan konfigurasi yang ditetapkan oleh browser sehingga ukuran gambar akan lebih responsif terhadap perangkat yang digunakan untuk membuat website.  
    • Script Optimization. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur prioritas loading pada script pihak ketiga.  
    • Static File Serving. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna saat menggunakan file statis pada halaman tertentu.  
    • Fast Refresh. Fitur ini memungkinkan halaman untuk melakukan refresh setelah terjadinya perubahan script. 

Jadi apa keuntungan menggunakan Next.js?

  1. SEO Friendly Next.js memungkinkan website memiliki performa yang lebih baik pada mesin pencari seperti Google. Hal ini terjadi karena Next.js menyediakan SSR dan SSG yang memungkinkan konten yang dihasilkan server dapat diindeks dengan baik oleh mesin pencari. Selain itu, Next.js juga menyediakan fitur prefetching dan code splitting, sehingga halaman dapat diakses lebih cepat dan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. 
  2. Performa yang cepat Dengan menggunakan teknologi SSR, Next.js dapat meningkatkan performa aplikasi web. SSR memungkinkan halaman web untuk di-generate secara server-side sebelum dikirimkan ke browser, sehingga waktu loading halaman dapat berjalan lebih cepat. Selain itu, Next.js juga mendukung code splitting yang memungkinkan aplikasi web dihasilkan dengan cepat dengan hanya mengunduh kode yang diperlukan saja.  
  3. Kemudahan penggunaan Next.js didesain agar mudah digunakan dan dimengerti oleh para pengembang, khususnya yang sudah terbiasa dengan React.js. Penggunaan Next.js juga lebih mudah dalam mengatur routing dan melakukan pengaturan konfigurasi.  
  4. Dukungan dari komunitas yang besar Next.js didukung oleh komunitas yang besar dan aktif, sehingga pengguna dapat memperoleh banyak dukungan dan sumber daya untuk pengembangan aplikasi web. Komunitas Next.js juga terus berkembang dan menghasilkan banyak plugin dan pustaka yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi web.  
  5. Security Next.js memiliki beberapa fitur keamanan, seperti X-XSS-Protection, HTTP Strict Transport Security (HSTS), dan content security policy (CSP), yang memastikan website terlindungi dari serangan XSS, clickjacking, dan serangan keamanan web lainnya.  
  6. Deployment yang mudah Next.js mendukung deployment dengan berbagai layanan cloud hosting. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan deployment aplikasi web mereka dengan mudah. 

Subscribe

Related articles

Web Developer | Pengalaman Magang di Udacoding

Udacoding menjadi salah satu tempat, dimana peserta magang...

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits...

TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here