Menggunakan FVM dengan Android Studio

Setelah menginstal Flutter Version Management (FVM) menggunakan Command Prompt (CMD), langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan FVM dengan Android Studio, salah satu lingkungan pengembangan terpopuler untuk Flutter. Dengan mengintegrasikan FVM ke dalam Android Studio, pengembang dapat dengan mudah mengelola versi Flutter untuk proyek-proyek mereka langsung dari antarmuka pengembangan yang terpadu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Integrasi FVM dengan Android Studio

  1. Buka Android Studio: Buka Android Studio di sistem Anda dan buka proyek Flutter yang ingin Anda kelola menggunakan FVM.
  2. Buka Terminal: Buka terminal di Android Studio dengan memilih “Terminal” dari menu atas atau menggunakan pintasan keyboard yang sesuai.
  3. Aktifkan FVM: Di terminal Android Studio, ketik perintah berikut untuk mengaktifkan FVM di dalam proyek:cssCopy codefvm use [versi_flutter] Gantilah [versi_flutter] dengan versi Flutter yang ingin Anda gunakan dalam proyek ini. FVM akan mengunduh dan menginstal versi Flutter yang dimaksud jika belum terinstal.
  4. Verifikasi Penggunaan: Setelah menjalankan perintah di atas, verifikasi bahwa versi Flutter yang telah dipilih telah diaktifkan di proyek. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah berikut:cssCopy codeflutter --version Perintah ini akan menampilkan versi Flutter yang aktif dalam proyek Anda.

ada juga cara kedua, melakukan pemilihan dari setting,file>setting>flutter>sdk path

lalu ganti path sdk biasa denga path sdk dari fvm

  1. Mulai Mengembangkan: Setelah mengonfigurasi versi Flutter yang diinginkan, Anda dapat mulai mengembangkan aplikasi Flutter Anda seperti biasa menggunakan Android Studio. Proyek akan menggunakan versi Flutter yang ditetapkan oleh FVM.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang telah berhasil mengintegrasikan FVM dengan Android Studio dan dapat mengelola versi Flutter untuk proyek-proyek Anda langsung dari lingkungan pengembangan yang Anda gunakan sehari-hari.

Kesimpulan

Integrasi FVM dengan Android Studio memungkinkan pengembang Flutter untuk mengelola versi Flutter yang digunakan dalam proyek-proyek mereka secara langsung dari lingkungan pengembangan. Dengan FVM, pengguna dapat dengan mudah beralih antara versi-versi Flutter yang berbeda untuk setiap proyek, memastikan konsistensi dan fleksibilitas dalam pengembangan aplikasi Flutter. Proses integrasi FVM dengan Android Studio relatif sederhana dan memungkinkan pengguna untuk segera mulai menggunakannya dalam proyek-proyek Flutter mereka. Dengan menggunakan FVM, pengembang dapat memastikan bahwa proyek-proyek mereka menggunakan versi Flutter yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here