PENGENALAN PHP DASAR DAN CONTOH IMPLEMENTASINYA

Pengertian PHP

PHP: Hypertext Preprocessor, adalah bahasa skrip dengan fungsi umum yang terutama digunakan untuk pengembangan web. Bahasa ini awalnya dibuat oleh seorang pemrogram Denmark-Kanada Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dinamis. Ini berjalan di sisi server dan menghasilkan konten yang dapat ditampilkan di peramban pengguna.

pengertian php menurut saya, PHP adalah alat penting dalam pengembangan web yang digunakan untuk membuat situs web yang interaktif dan dinamis. Php adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server, yang berarti bahwa kode PHP dijalankan di server web sebelum hasilnya dikirim ke peramban pengguna. PHP memungkinkan teman – teman untuk mengambil data dari formulir, berkomunikasi dengan database, membuat halaman web yang responsif, dan melakukan banyak tugas lainnya yang diperlukan untuk membuat aplikasi web yang kuat. Keuntungan utama PHP adalah fleksibilitasnya dalam berintegrasi dengan HTML dan kemampuannya untuk memproses data secara dinamis, menjadikannya pilihan utama bagi banyak pengembang web.

Atribut PHP

Variabel dan tipe data

Variabel dalam PHP: Variabel adalah wadah untuk menyimpan data. Mereka dapat berisi berbagai jenis data, seperti angka, teks, atau logika. Variabel adalah seperti kotak penyimpanan. Misalnya, Anda bisa membuat variabel $nama untuk menyimpan nama pengguna.

Tipe Data: PHP memiliki beberapa tipe data, seperti string (teks), integer (bilangan bulat), float (bilangan pecahan), dan boolean (nilai benar atau salah). Tipe data menggambarkan jenis nilai yang dapat disimpan dalam variabel. Misalnya, $umur bisa berisi tipe data integer, yang digunakan untuk menyimpan angka.

Struktur Kontrol

Percabangan (Conditional Statements): Ini adalah cara untuk membuat keputusan dalam kode, seperti menjalankan blok kode jika suatu kondisi benar atau salah. Dalam kondisi jika pengguna berumur di atas 18, maka tampilkan pesan “Anda sudah dewasa.”

Pengulangan (Loops): Ini memungkinkan Anda untuk mengulangi serangkaian instruksi untuk melakukan tugas berulang. Misalnya, Anda bisa menggunakan perulangan untuk mencetak angka 1 hingga 10 di layar.

Fungsi dan Struktur Data

Fungsi: Fungsi adalah blok kode yang dapat digunakan kembali. Mereka menerima argumen, melakukan operasi, dan sering mengembalikan nilai. Anda bisa membuat fungsi seperti hitungLuasLingkaran() yang menerima jari-jari dan mengembalikan luasnya.

Array: Array adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan kumpulan nilai dalam satu variabel. Ini bisa berupa daftar, tabel, atau kumpulan data. Misalnya, Anda dapat membuat array $buah yang berisi daftar nama buah, seperti “apel,” “jeruk,” dan “pisang.”

Manipulasi String: Manipulasi string adalah proses memanipulasi teks, seperti menggabungkan, memotong, atau mengganti bagian-bagian dari string. Dalam manipulasi string, Anda bisa menggabungkan kata-kata, misalnya, “Halo” . “Dunia” menghasilkan “Halo Dunia.”

Subscribe

Related articles

Tips Kolaborasi Efektif antara UI/UX Desainer dan Pengembang

Kerja sama yang solid antara UI/UX desainer dan pengembang...

Aturan Penting yang Harus Dipatuhi oleh Seorang UI/UX Designer

Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) adalah...

Membangun Profil LinkedIn yang Mengesankan untuk UI/UX Designer

Dalam era digital yang semakin maju, LinkedIn telah menjadi...

Meningkatkan Karir Anda dengan Sertifikasi Google UX

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pengalaman pengguna...

Perjalanan Seorang Intern UI/UX Desainer di Udacoding

Sebagai seorang mahasiswa yang bersemangat dan bercita-cita tinggi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here