PENGERTIAN dan INSTALASI LARAVEL

Pengertian Laravel

Laravel adalah salah satu framework pengembangan aplikasi web yang populer dan kuat yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. Dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi web yang elegan dan efisien, Laravel menyediakan berbagai fitur dan alat yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web yang kompleks dengan cepat dan mudah. Laravel dikembangkan dengan prinsip-prinsip desain yang kuat, seperti penggunaan pola arsitektur Model-View-Controller (MVC), sehingga memungkinkan pemisahan yang jelas antara logika bisnis, tampilan, dan interaksi pengguna.

Kegunaan utama dari Laravel adalah untuk mengembangkan aplikasi web dengan cepat dan efisien. Ini menyediakan berbagai alat yang mempercepat proses pengembangan, termasuk sistem routing yang kuat, manajemen basis data yang intuitif melalui Eloquent ORM, sistem templating Blade yang fleksibel, dan berbagai alat lainnya. Laravel juga memiliki berbagai paket yang dapat diintegrasikan, seperti sistem otentikasi pengguna yang kuat, alat manajemen sesi, keamanan yang kuat, dan banyak lagi. Selain itu, Laravel juga mendukung pengujian unit yang baik, memungkinkan pengembang untuk memastikan bahwa aplikasi mereka berfungsi dengan baik.

Selain itu, Laravel memiliki komunitas yang besar dan aktif, serta dokumentasi yang baik, sehingga pengembang dapat dengan mudah mencari dukungan dan sumber daya untuk memahami dan mengatasi masalah yang mereka hadapi dalam pengembangan aplikasi. Dengan segala keunggulannya, Laravel telah menjadi salah satu framework PHP yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia untuk pengembangan aplikasi web yang kuat dan andal.

Installasi Composer

Sebelum membuat project laravel, anda harus terlebih dahulu menginstall composer. Secara singkat, Composer adalah alat manajemen paket yang memfasilitasi proses penginstalan, pembaruan, dan manajemen dependensi dalam proyek Laravel. Ini membantu memastikan bahwa proyek Anda berjalan dengan lancar dan efisien, dengan mengelola komponen-komponen yang diperlukan dengan baik. caranya yaitu dengan membuka link resmi composer atau dengan menekan link ini.

setelah download selesai, lakukan instalasi sebagai berikut:

php -r “copy(‘https://getcomposer.org/installer’, ‘composer-setup.php’);”

php -r “if (hash_file(‘sha384’, ‘composer-setup.php’) === ‘e21205b207c3ff031906575712edab6f13eb0b361f2085f1f1237b7126d785e826a450292b6cfd1d64d92e6563bbde02’) { echo ‘Installer verified’; } else { echo ‘Installer corrupt’; unlink(‘composer-setup.php’); } echo PHP_EOL;”

php composer-setup.php

php -r “unlink(‘composer-setup.php’);”

tunggu sampai proses install selesai. jika sudah selesai maka anda sudah bisa membuat project laravel.

Installasi Laravel

setelah anda berhasil mendownload dan menginstall composer, maka langkah selanjutnya yaitu membuat project laravel. caranya yaitu dengan membuka folder drive C > xampp > htdocs, lalu buka cmd.

pada cmd, anda bisa mengetikkan perintah ini :

composer create-project laravel/laravel example-app

pada bagian example-app, anda dapat menggantinya dengan nama project yang ingin anda buat. misalnya; tokoonline, testlaravel, dll.

catatan:

ini baru hanya sebagian dari laravel, untuk selanjutnya anda dapat mencari lebih tau pada website resmi laravel. anda dapat melihatnya pada laravel.com atau bisa dengan menekan link ini.

Subscribe

Related articles

Tips Kolaborasi Efektif antara UI/UX Desainer dan Pengembang

Kerja sama yang solid antara UI/UX desainer dan pengembang...

Aturan Penting yang Harus Dipatuhi oleh Seorang UI/UX Designer

Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) adalah...

Membangun Profil LinkedIn yang Mengesankan untuk UI/UX Designer

Dalam era digital yang semakin maju, LinkedIn telah menjadi...

Meningkatkan Karir Anda dengan Sertifikasi Google UX

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pengalaman pengguna...

Perjalanan Seorang Intern UI/UX Desainer di Udacoding

Sebagai seorang mahasiswa yang bersemangat dan bercita-cita tinggi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here