Belajar membuat database di phpmyadmin bagi pemula

Apa itu PhpMyAdmin ?

PhpMyAdmin adalah salah satu software gratis yang ditulis dalam bahasa PHP dan merupakan software yang paling populer digunakan untuk mengelola tabel dan data pada database melalui web. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi database seperti MySQL maupun MariaDB. Tugas yang dimaksudkan seperti untuk mengelola database, tabel, kolom, indeks, userpermission, dan lain-lain. Seluruh tugas ini dapat di eksekusi melalui user interface yang user-friendly.

PhpMyadmin sangat populer digunakan untuk mengelola database karena bisa diakses melalui web browser. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya kita juga dapat membuat, memperbarui, mengubah, menghapus, mengimpor, dan mengekspor tabel database MySQL

Kelebihan phpMyAdmin 

Tampilan user interface yang intuitif dan mudah digunakan

phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis graphical user interface (GUI) yang digunakan untuk mengelola database MySQL. Kamu dapat dengan mudah membuat database dan tabel dan mengeksekusi query secara manual.

Bisa dijalankan di berbagai server dan sistem operasi 

Selain menyediakan antarmuka berbasis web, phpMyAdmin dapat berjalan di server mana pun dan diakses melalui perangkat apa saja yang memiliki browser. Software ini berbasis web karena itu phpMyAdmin bisa berjalan di berbagai perangkat, server, dan sistem operasi apa saja asal perangkat akses ke internet melalui web browser. 

Menambahkan banyak user dan mengelola banyak server

PhpMyAdmin bisa digunakan oleh banyak user maupun user group. Nantinya setiap user tersebut juga bisa dibatasi, izin apa saja yang bisa dilakukan ataupun dan tidak bisa dilakukan. Selain itu phpMyAdmin juga bisa digunakan untuk mengelola banyak server dalam satu dashboard

Kemampuan untuk ekspor data 

Data pada database bisa di ekspor ke berbagai format seperti CSV, SQL, XML, PDF, ISO/IEC 26300 – OpenDocument Text dan Spreadsheet, Word, LATEX, dan lainnya. Selain itu data yang disimpan bisa diubah ke dalam format apa pun menggunakan serangkaian fungsi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti menampilkan data BLOB sebagai gambar atau tautan unduhan. 

Eksekusi statement dan query SQL yang kompleks 

Kita dapat mengeksekusi statement dan query SQL yang kompleks, membuat dan mengedit fungsi, dan memanggil fungsi menggunakan antarmuka grafis phpMyAdmin. 

Fitur phpMyAdmin 

PhpMyAdmin memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengelola databaseSoftware ini awalnya bertujuan untuk mempermudah pengelolaan database melalui web, berikut ini adalah beberapa fitur yang diberikan oleh phpMyAdmin. 

  • Memiliki tampilan user interface  
  • Mendukung fitur-fitur MySQL 
  • Mengelola databasetabelviewfield, dan index.
  • Membuat, salin, ganti nama, dan ubah databasetabelviewfield, dan index.
  • Melakukan pemeliharaan server, database, dan tabel dengan saran konfigurasi server.
  • Menjalankan, edit, dan tandai SQL-statement apa pun, bahkan batch-queries
  • Mengimpor data dari CSV maupun SQL. 
  • Mencari apa pun pada database 

membuat tabel baru

Berikut langkah- langkah dalam pembuatan databases baru di phpmyadmin

1.Masukkan URL phpMyAdmin di browser Anda. Biasanya URL-nya adalah http://localhost/phpmyadmin jika Anda menggunakannya secara lokal.

2. Di panel sebelah kiri, pilih basis data di mana Anda ingin membuat tabel baru. Jika Anda belum memiliki basis data, Anda bisa membuat yang baru dengan mengklik “New” di sebelah kiri, kemudian masukkan nama basis data dan klik “Create”.

3. Setelah memilih basis data, di panel utama, cari bagian yang bertuliskan “Create table” dan masukkan nama tabel di kotak “Name” dan jumlah kolom di kotak “Number of columns”. Kemudian klik “Create”.

setelah itu akan tampil sebuah tabel seperti gambar dibawah

Setelah seperti itu masukan name yang anda inginkan, contoh seperti gambar di bawah

dan pastikan teman-teman jangan sampai lupa untuk menambahkan primary key nya, untuk tabel di atas saya menggunakan id sebagai primary key nya, kemudian save.

setelah save maka akan tampil seperti gambar dibawah

karena tanggal format nya salah, maka teman-teman bisa mengganti nya dengan klik change, kemudian akan tampil seperti gambar dibawah

4. Definisikan Kolom-Kolom Tabel:

Anda akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda dapat mendefinisikan kolom-kolom tabel Anda. Untuk setiap kolom, Anda harus mengisi:

  • Name: Nama kolom.
  • Type: Jenis data (seperti INT, VARCHAR, DATE, dll).
  • Length/Values: Panjang atau nilai maksimal untuk tipe data tertentu.
  • Collation: Collation untuk teks, biasanya Anda bisa membiarkannya default.
  • Attributes: Atribut tambahan untuk kolom.
  • Null: Centang jika kolom bisa bernilai NULL.
  • Index: Pilih jenis indeks (PRIMARY, UNIQUE, INDEX, FULLTEXT) jika diperlukan.
  • Auto Increment: Centang jika kolom ini menggunakan auto-increment.
  • Comments: Komentar tentang kolom (opsional).

5. Insert data

untuk id karna auto increment jadi teman-teman boleh mengosongkannya maka akan otomatis masuk sesuai urutan database yang anda masukan, setelah membuat sebuah tabel kemudian klik go

Kesimpulan

PhpMyAdmin adalah software gratis berbasis web yang ditulis dalam bahasa PHP, digunakan untuk mengelola database MySQL dan MariaDB. Alat ini sangat populer karena dapat diakses melalui web browser, sehingga fleksibel dan user-friendly. PhpMyAdmin memiliki beberapa kelebihan, antara lain tampilan antarmuka intuitif, kemampuan dijalankan di berbagai server dan sistem operasi, dukungan untuk banyak pengguna dan server, kemampuan ekspor data ke berbagai format, serta eksekusi statement dan query SQL yang kompleks. Fitur utama dari PhpMyAdmin mencakup pengelolaan database, tabel, view, field, dan index, pemeliharaan server, serta impor data dari CSV dan SQL. Langkah-langkah untuk membuat database baru meliputi mengakses PhpMyAdmin melalui browser, membuat database baru, mendefinisikan kolom tabel, dan memasukkan data ke dalam tabel. Keseluruhan fitur dan kemudahan penggunaan menjadikan PhpMyAdmin alat yang sangat berguna dan efisien bagi pengelola database yang lebih memilih antarmuka grafis daripada baris perintah.

Sumber::https://www.biznetgio.com/news/apa-itu-phpmyadmin

Sumber::https://www.siteground.com/tutorials/phpmyadmin/create-populate-tables/

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here