Pengenalan Looping dalam pembelajaran PHP

Apa itu looping di php

Perulangan (looping) dalam PHP adalah suatu mekanisme yang memungkinkan eksekusi sekelompok pernyataan secara berulang-ulang sampai kondisi tertentu terpenuhi. Dalam pemrograman, perulangan digunakan untuk menjalankan blok kode berulang kali dengan cara yang efisien

PHP menyediakan beberapa jenis struktur perulangan yang umum, yaitu:

1. for loop: Digunakan ketika Anda tahu sebelumnya berapa kali perulangan harus dilakukan. Biasanya digunakan dengan variabel pengendali yang diinisialisasi, diuji, dan diperbarui di setiap iterasi.

Perulangan for digunakan ketika jumlah perulangan sudah diketahui sebelumnya. Struktur dasarnya mencakup inisialisasi variabel, kondisi yang diuji sebelum setiap iterasi, dan ekspresi untuk memperbarui variabel setelah setiap iterasi. Misalnya, for ($i = 0; $i < 10; $i++) { echo $i; } akan mencetak angka 0 hingga 9. Pada contoh ini, variabel $i diinisialisasi dengan nilai 0, dan selama nilai $i kurang dari 10, blok kode di dalam for akan dijalankan. Setelah setiap iterasi, nilai $i akan ditambah 1. Perulangan ini sangat berguna untuk iterasi dengan jumlah langkah yang sudah pasti.

Penjelasan:

  • $i = 0: Inisialisasi variabel counter $i dengan nilai awal 0.
  • $i < 10: Kondisi yang diperiksa sebelum setiap iterasi. Jika kondisi ini benar, blok kode di dalam for akan dijalankan.
  • $i++: Ekspresi increment yang menambah nilai $i sebesar 1 setelah setiap iterasi.
  • echo $i;: Perintah untuk mencetak nilai $i pada setiap iterasi.
  • Hasilnya, angka dari 0 sampai 9 akan dicetak berurutan.

2. while loop: Menjalankan blok kode selama kondisi yang diberikan bernilai benar (true). Kondisi diuji sebelum setiap iterasi.

Perulangan while menjalankan blok kode selama kondisi yang diberikan bernilai benar. Kondisi ini diuji sebelum setiap iterasi. Contohnya, while ($i < 10) { echo $i; $i++; } akan mencetak angka 0 hingga 9. Dalam contoh ini, variabel $i diinisialisasi dengan nilai 0. Selama nilai $i kurang dari 10, blok kode di dalam while akan dijalankan, dan nilai $i akan ditambah 1 setelah setiap iterasi. Perulangan ini berguna ketika jumlah iterasi tidak diketahui sebelumnya dan tergantung pada kondisi yang dinamis.

Penjelasan:

  • $i = 0: Inisialisasi variabel counter $i dengan nilai awal 0.
  • while ($i < 10): Perulangan akan terus berjalan selama kondisi $i < 10 bernilai benar.
  • echo $i;: Perintah untuk mencetak nilai $i pada setiap iterasi.
  • $i++: Ekspresi increment yang menambah nilai $i sebesar 1 setelah setiap iterasi.
  • Hasilnya, angka dari 0 sampai 9 akan dicetak berurutan.

3. do-while loop: Mirip dengan while, tetapi menjamin bahwa blok kode dieksekusi setidaknya sekali, karena kondisi diuji setelah iterasi.

Perulangan do-while mirip dengan while, tetapi menjamin bahwa blok kode dieksekusi setidaknya sekali karena kondisi diuji setelah iterasi. Misalnya, do { echo $i; $i++; } while ($i < 10); akan mencetak angka 0 hingga 9. Pada contoh ini, variabel $i diinisialisasi dengan nilai 0. Blok kode di dalam do akan dijalankan sekali sebelum kondisi $i < 10 diuji. Jika kondisi masih benar, blok kode akan terus dijalankan. Ini sangat berguna ketika Anda ingin memastikan bahwa blok kode dijalankan setidaknya sekali, terlepas dari kondisi awal.

penjelasannya

  • $i = 0: Inisialisasi variabel counter $i dengan nilai awal 0.
  • do { … } while ($i < 10);: Blok kode di dalam do akan dieksekusi setidaknya sekali sebelum kondisi diuji.
  • echo $i;: Perintah untuk mencetak nilai $i pada setiap iterasi.
  • $i++: Ekspresi increment yang menambah nilai $i sebesar 1 setelah setiap iterasi.
  • Hasilnya, angka dari 0 sampai 9 akan dicetak berurutan.
  • Perbedaannya dengan while adalah bahwa perulangan ini akan menjalankan blok kode sekali sebelum mengecek kondisi, jadi meskipun kondisi awal salah, blok kode tetap akan dijalankan sekali.

4. foreach loop: Digunakan untuk mengulangi elemen-elemen dalam array. Sangat berguna untuk bekerja dengan array atau objek.

Perulangan foreach digunakan untuk mengulangi elemen-elemen dalam array. Ini sangat efisien untuk bekerja dengan array atau objek. Contohnya, foreach ($array as $value) { echo $value; } akan mencetak setiap elemen dalam array secara berurutan. Pada contoh ini, array diinisialisasi dengan beberapa elemen, dan pada setiap iterasi, elemen saat ini dari array ditugaskan ke variabel $value. Blok kode di dalam foreach akan dijalankan untuk setiap elemen dalam array. Perulangan ini sangat berguna untuk iterasi yang membutuhkan akses langsung ke setiap elemen dalam koleksi data.

Penjelasan:

  • $array = array(1, 2, 3, 4, 5);: Inisialisasi array dengan elemen 1, 2, 3, 4, dan 5.
  • foreach ($array as $value): Perulangan akan berjalan sebanyak jumlah elemen dalam array. Pada setiap iterasi, elemen saat ini dari array akan ditugaskan ke variabel $value.
  • echo $value;: Perintah untuk mencetak nilai dari $value pada setiap iterasi.
  • Hasilnya, setiap elemen dalam array (1, 2, 3, 4, 5) akan dicetak berurutan.

Kesimpulan

Perulangan (looping) dalam PHP adalah mekanisme yang memungkinkan eksekusi sekelompok pernyataan secara berulang-ulang sampai kondisi tertentu terpenuhi. Terdapat beberapa jenis perulangan yang umum digunakan dalam PHP, yaitu:

  1. for loop: Digunakan ketika jumlah iterasi sudah diketahui sebelumnya. Struktur dasarnya mencakup inisialisasi variabel, kondisi yang diuji sebelum setiap iterasi, dan ekspresi untuk memperbarui variabel setelah setiap iterasi. Sangat berguna untuk iterasi dengan jumlah langkah yang sudah pasti.
  2. while loop: Menjalankan blok kode selama kondisi yang diberikan bernilai benar. Kondisi ini diuji sebelum setiap iterasi. Cocok digunakan ketika jumlah iterasi tidak diketahui sebelumnya dan tergantung pada kondisi yang dinamis.
  3. do-while loop: Mirip dengan while, tetapi menjamin bahwa blok kode dieksekusi setidaknya sekali karena kondisi diuji setelah iterasi. Berguna ketika Anda ingin memastikan bahwa blok kode dijalankan setidaknya sekali, terlepas dari kondisi awal.
  4. foreach loop: Digunakan untuk mengulangi elemen-elemen dalam array atau objek. Ini sangat efisien untuk iterasi yang membutuhkan akses langsung ke setiap elemen dalam koleksi data.

    Sumber::https://www.babastudio.com/blog/Jenis-Jenis-Perulangan-dalam-php

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here