Database Relational

Hallo sobat coder, berjumpa kembali bersama Baraja Coding, codingnya anak programmer. Pada pekan ini kita akan belajar mengenai database relasional sobat coders. Database relasional merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam database. Terus apa dong yang dimaksut dengan database relational?

            Database relasional adalah kumpulan basis data yang saling terhubung dengan basis data lainnya. Dalam sebuah database terdapat sebuah tabel untuk menyimpan sebuah field-field yang berisi informasi. Terus bagaimana cara kita menghubungkan atau mengkoneksikan antar tabel? Untuk menghubungkan perlu pada setiap tabel terdapat field primary key, primary key ini yang digunakan untuk  mengkoneksikan atau menghubungkan pada kedua tabel sehingga di tabel kedua akan menjadi foreign key.

            Terus apa sih manfaat dari database relational? Kenapa harus menggunakan database relational? Manfaat dari menggunakan database relational adalah membuat sistem pengolahan data menjadi lebih efisien dan tabel data dapat dipilahkan dengan kategori yang berbeda seperti primary key. Selanjutnya dalam sebuah database relational terdapat istilah-istilah yang harus dipelajari. Berikut merupakan istilah-istilah dalam database relational.

  1. Relasi, yaitu sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris.
  2. Atribut, yaitu kolom pada sebuah relasi.
  3. Primary key, Candidate key yang dipilih untuk mengidentifikasikan tupel secara unik dalam relasi
  4.  Foreign key, Atribut dengan domain yang sama yang menjadi kunci utama pada sebuah relasi tetapi pada relasi lain atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa.
  5. Entitas  adalah objek yang direkam sebagai data di dalam konsep database sendiri, jadi entity ini merujuk pada object yang hendak dijadikan data yang akan disimpan (bukan nama tabel atau field), sebagai contoh dalam entity perpustakaan yaitu buku, penerbit, dan pengarang.
  6. Field yaitu Setiap entity mempunyai field atau kolom yang mewakili isi datanya. Dalam dunia programming ini disebut atribut.
  7. Record adalah kumpulan data yang terdiri dari sekumpan field. Record merupakan satuan informasi database yang berisi satu unit data konkrit.

Okay sobat coders, gimana materi pekan ini. Seru kan! Saya harap materi pekan ini tentang database relational bisa bermanfaat untuk sobat coders ya. Untuk materi databses relational yang lebih detail akan kita bahas di perkan selanjutnya ya sobat coders. Nantikan pertemuan dipekan depan ya sobat coders. Sampai jumpa sobat coders.

Subscribe

Related articles

Relasi dalam Laravel

One-to-One Relasi one-to-one adalah relasi sederhana dan paling umum. Contoh...

XAMPP: Aplikasi Web Server Lokal

Apa itu XAMPP? XAMPP adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk...

Composer: Pengantar dan Cara Menggunakannya

Apa itu Composer? Composer adalah alat untuk manajemen dependensi dalam...

Mailtrap dan Cara Menggunakannya di Laravel

Apa itu Mailtrap? Mailtrap adalah layanan email berbasis web yang...

Bootstrap vs Tailwind: Perbandingan Framework CSS

Bootstrap dan Tailwind adalah dua alat yang paling populer untuk membangun aplikasi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here