Elementor #8538

Belajar konsep dasar widget

 

apa itu widget ?

      Widget adalah elemen dasar untuk membuat antarmuka pengguna pada Flutter. Widget dapat digambarkan sebagai blok bangunan yang dapat disusun dan dikombinasikan untuk membentuk aplikasi. 

widget dapat di ibaratkan seperti secangkir kopi dengan berbagai elemen penyusun , nah elemen penyusun itu adalah widget , pada secangkir kopi akan ada sebuah cangkir sebagai penampung utama komponen , ada komponen air ,kopi,dan gula di dalam cangkir 

 

Widget pada Flutter dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. StatelessWidget: Widget yang tidak memiliki state atau konfigurasi yang berubah-ubah. Contoh widget ini adalah Text, Image, Icon, dan lain-lain. StatelessWidget biasanya digunakan untuk menampilkan informasi statis atau tidak berubah.

  2.StatefulWidget: Widget yang memiliki state atau konfigurasi yang dapat berubah-ubah. Contoh widget ini adalah Checkbox, TextField, Slider, dan lain-lain. StatefulWidget biasanya digunakan untuk menangani interaksi pengguna atau perubahan data.

  3.Layout widget: Widget yang digunakan untuk mengatur posisi dan ukuran widget lainnya. Contoh widget ini adalah Center,      Column, Row, Stack, dan lain-lain. Layout widget biasanya digunakan untuk membuat tata letak yang responsif dan fleksibel.

  4.Material widget: Widget yang mengikuti spesifikasi desain material dari Google. Contoh widget ini adalah MaterialApp, Scaffold, AppBar, FloatingActionButton, dan lain-lain. Material widget biasanya digunakan untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan standar Android.

  5.Cupertino widget: Widget yang mengikuti spesifikasi desain human interface dari Apple. Contoh widget ini adalah CupertinoApp, CupertinoPageScaffold, CupertinoNavigationBar, CupertinoButton, dan lain-lain. Cupertino widget biasanya digunakan untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan standar iOS.

Subscribe

Related articles

Panduan Migrasi Database di Laravel

Pendahuluan Migrasi database adalah salah satu fitur penting di Laravel...

Penggunaan Machine Learning dalam Pengembangan Web

Machine learning (ML) adalah cabang dari kecerdasan buatan (AI)...

Mengenal Vue.js: Membuat Antarmuka Pengguna yang Dinamis

Vue.js adalah salah satu framework JavaScript yang populer digunakan...

Keamanan Aplikasi Web: Mengamankan Aplikasi Laravel Anda

Keamanan aplikasi web adalah aspek kritis yang harus diperhatikan...

Membangun API dengan Laravel: Best Practices

Laravel adalah framework PHP yang sangat populer untuk membangun...