Membangun Aplikasi Server-side dengan NestJS: Panduan Penggunaan

NestJS adalah kerangka kerja Node.js yang dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi server-side yang kuat dan mudah diatur. Dengan menggunakan TypeScript sebagai bahasa utamanya, NestJS memberikan pendekatan yang terstruktur dan modular untuk membangun aplikasi yang dapat diukur dan mudah dipelihara. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aspek penting dalam penggunaan NestJS untuk membangun aplikasi server-side.

Pengenalan ke NestJS

NestJS dibangun di atas Express.js, salah satu kerangka kerja web Node.js yang paling populer. Salah satu fitur kunci NestJS adalah penggunaan dekorator dan injeksi dependensi yang kuat dari TypeScript. Ini memberikan kejelasan dan ketertiban dalam kode, serta memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengorganisir dan memahami struktur aplikasi mereka.

Instalasi dan Konfigurasi Proyek

Langkah pertama dalam menggunakan NestJS adalah menginstalnya. Gunakan perintah npm atau yarn untuk membuat proyek baru:

npm install -g @nestjs/cli
nest new nama-proyek

Setelah itu, Anda dapat mengonfigurasi proyek Anda dengan menyesuaikan file main.ts, app.module.ts, dan file konfigurasi lainnya sesuai kebutuhan proyek Anda.

Struktur Aplikasi yang Terstruktur

NestJS menganjurkan penggunaan struktur berbasis modul untuk memecah aplikasi menjadi bagian yang dapat dielola dengan mudah. Setiap modul dapat memiliki kontroler, penyedia, dan komponen lainnya. Ini membantu dalam mempertahankan aplikasi yang bersih dan terorganisir.

Kontroler dan Routing

Dalam NestJS, kontroler adalah bagian utama yang menangani permintaan HTTP. Kontroler ini menggunakan dekorator untuk mendefinisikan jalur dan metode yang sesuai dengan permintaan. Dengan ini, pengembang dapat dengan jelas menentukan cara aplikasi merespons berbagai jenis permintaan.

// Contoh Kontroler
@Controller('cats')
export class CatsController {
  @Get()
  findAll(): string {
    return 'Daftar semua kucing';
  }
}

Penanganan Permintaan dan Respons

NestJS menyediakan middleware untuk menangani permintaan sebelum mencapai kontroler dan setelah meninggalkan kontroler. Middleware ini dapat digunakan untuk autentikasi, logging, validasi, dan banyak lagi.

Penanganan Basis Data dan Penggunaan Layanan

Penting untuk memahami bagaimana NestJS mengelola koneksi basis data. Dengan menggunakan penyedia layanan, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan basis data dan melibatkan operasi CRUD pada model data.

Subscribe

Related articles

Web Developer | Pengalaman Magang di Udacoding

Udacoding menjadi salah satu tempat, dimana peserta magang...

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits...

TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here