MODEL | MENGENAL ELOQUENT ORM (OBJECT-RELATIONAL MAPPING)

Eloquent ORM (Object-Relational Mapping) adalah salah satu komponen inti dalam kerangka kerja Laravel yang digunakan untuk berinteraksi dengan basis data secara objek. Ini adalah cara yang sangat efisien dan nyaman untuk bekerja dengan basis data dalam aplikasi web Laravel, menggantikan kerja manual yang rumit dalam menulis kueri SQL.

Instalasi ORM

{

  “require”: {

    “laravel/framework”: “8.4.*”

  }

}

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai Eloquent ORM:

  1. Objek Sebagai Representasi Data: Dalam Eloquent, setiap tabel dalam basis data memiliki model yang sesuai yang mewakili entitas tersebut sebagai objek. Model ini mencerminkan struktur tabel basis data dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan data sebagai objek PHP.
  2. Model Aktif: Eloquent adalah model aktif yang berarti model dapat aktif berinteraksi dengan basis data. Ini berarti Anda dapat menyimpan, memperbarui, atau menghapus catatan dalam basis data menggunakan metode yang didefinisikan dalam model.
  3. Eloquent Query Builder: Eloquent menyediakan query builder yang kuat yang memungkinkan Anda untuk membuat kueri basis data dengan cara yang mirip dengan SQL, tetapi menggunakan sintaks yang lebih mudah dipahami dan ekspresif. Anda dapat melakukan seleksi, penyaringan, pengurutan, dan pengelompokan data dengan mudah.
  4. Hubungan Eloquent: Anda dapat mendefinisikan hubungan antar model dalam Eloquent. Contohnya, Anda dapat mendefinisikan hubungan hasMany, belongsTo, belongsToMany, dan sebagainya antara model, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil data yang terkait.
  5. Migrasi dan Pembuatan Tabel: Eloquent mendukung migrasi basis data, yang memungkinkan Anda untuk mendefinisikan struktur tabel dan menghasilkan tabel secara otomatis. Ini memudahkan pengembangan dan pengelolaan skema basis data.
  6. Validasi Data: Anda dapat menentukan aturan validasi dalam model Eloquent, yang akan diperiksa sebelum data disimpan ke dalam basis data. Ini membantu memastikan integritas data dan keamanan aplikasi.
  7. Peristiwa Model: Eloquent mendukung peristiwa model yang memungkinkan Anda menentukan tindakan yang harus diambil ketika model disimpan, diperbarui, atau dihapus.
  8. Gestur Record: Eloquent menyediakan metode untuk membuat, memperbarui, dan menghapus catatan dalam basis data. Ini mempermudah operasi dasar dengan data.
  9. Keamanan: Eloquent memiliki fungsi keamanan yang memungkinkan Anda untuk menghindari masalah keamanan, seperti serangan SQL injection.
  10. Kemudahan Penggunaan: Salah satu keunggulan Eloquent adalah kemudahan penggunaannya. Dengan sintaks yang mudah dipahami, Anda dapat mengakses dan mengelola data dalam basis data dengan cepat dan efisien.

Eloquent ORM adalah salah satu dari banyak fitur yang membuat Laravel menjadi salah satu kerangka kerja PHP yang paling populer dan kuat. Ini membantu Anda mengembangkan aplikasi web dengan cepat dan efisien, sambil memungkinkan Anda untuk mempertahankan basis data dengan mudah.

Subscribe

Related articles

Tips Kolaborasi Efektif antara UI/UX Desainer dan Pengembang

Kerja sama yang solid antara UI/UX desainer dan pengembang...

Aturan Penting yang Harus Dipatuhi oleh Seorang UI/UX Designer

Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) adalah...

Membangun Profil LinkedIn yang Mengesankan untuk UI/UX Designer

Dalam era digital yang semakin maju, LinkedIn telah menjadi...

Meningkatkan Karir Anda dengan Sertifikasi Google UX

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pengalaman pengguna...

Perjalanan Seorang Intern UI/UX Desainer di Udacoding

Sebagai seorang mahasiswa yang bersemangat dan bercita-cita tinggi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here