Panduan: Mengunduh Firebase CLI dan FlutterFire CLI

0
64
Baraja Coding

Langkah 1: Instalasi Node.js

Firebase CLI dan FlutterFire CLI menggunakan Node.js sebagai runtime. Pastikan Anda memiliki Node.js terinstal di sistem Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari situs web Node.js.

Langkah 2: Mengunduh Firebase CLI

Firebase CLI adalah alat baris perintah yang digunakan untuk berinteraksi dengan proyek Firebase Anda. Untuk mengunduhnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka terminal Anda.
  2. Jalankan perintah berikut untuk menginstal Firebase CLI secara global di sistem Andanpm install -g firebase-tools
  3. Setelah instalasi selesai, Anda dapat memverifikasi bahwa Firebase CLI terinstal dengan menjalankan perintah berikut:firebase --version
  4. Anda akan melihat versi Firebase CLI yang terinstal di sistem Anda.

Langkah 3: Mengunduh FlutterFire CLI

FlutterFire CLI adalah alat baris perintah yang digunakan untuk mengonfigurasi proyek Flutter dengan Firebase. Untuk mengunduhnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka terminal Anda.
  2. Jalankan perintah berikut untuk menginstal FlutterFire CLI secara global di sistem Anda:npm install -g flutterfire-cli
  3. Setelah instalasi selesai, Anda dapat memverifikasi bahwa FlutterFire CLI terinstal dengan menjalankan perintah berikut:flutterfire --version
  4. Anda akan melihat versi FlutterFire CLI yang terinstal di sistem Anda.

Langkah 4: Mengonfigurasi Firebase dengan Flutter

  1. Pindah ke direktori proyek Flutter Anda menggunakan terminal:cd /path/to/your/flutter/project
  2. Di dalam direktori proyek Flutter Anda, jalankan perintah berikut untuk mengkonfigurasi Firebase menggunakan FlutterFire CLI:flutterfire configure
  3. Anda akan diminta untuk memilih proyek Firebase yang akan digunakan dalam proyek Flutter Anda. Pilih proyek yang sudah ada atau buat yang baru jika belum ada.
  4. FlutterFire CLI akan menambahkan atau mengonfigurasi file Firebase di proyek Flutter Anda sesuai dengan konfigurasi yang telah Anda pilih.

Kesimpulan

Dengan mengunduh Firebase CLI dan FlutterFire CLI, Anda dapat dengan mudah mengelola proyek Firebase dan mengonfigurasi proyek Flutter Anda untuk mengintegrasikan Firebase dengan cepat. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai layanan Firebase, seperti Firestore, Authentication, dan lainnya, dalam proyek Flutter Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here