Pentingnya User Experience Design untuk Membuat Pengalaman Pengguna Lebih Mudah dan Menyenangkan

Photo by Amélie Mourichon on Unsplash

Kamu pasti sering mendengar istilah “User Experience” atau “UX” saat berbicara tentang desain dan teknologi. Tapi apa sebenarnya UX itu, dan mengapa hal ini sangat penting? Mari kita kupas lebih dalam untuk memahami UX Design.

Apa itu User Experience?

User Experience, atau sering disingkat menjadi UX, adalah tentang bagaimana seseorang, dalam hal ini, pengguna, merasakan dan berinteraksi dengan produk atau layanan. Produk ini bisa berupa sesuatu yang konkrit seperti game controller atau keripik kentang, atau sesuatu yang lebih teknologi, seperti sebuah aplikasi, situs web, atau smartwatch.

UX Design melibatkan banyak hal. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik, produk harus mudah digunakan, adil, menyenangkan, dan berguna. Mari kita bahas satu per satu.

Pentingnya Usability

Bagian penting dari UX Design adalah meningkatkan usability, atau seberapa mudah pengguna dapat menggunakan suatu produk. Ini berarti bahwa desain, struktur, dan tujuan produk harus jelas bagi semua orang.

Bayangkan botol saus tomat. Dulu, botol saus tomat terbuat dari kaca, dan untuk mendapatkan saus keluar, kamu harus berusaha keras mengecak botolnya. Seringkali, kamu malah mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit saus tomat. Sekarang, botol saus tomat sudah direkayasa ulang menjadi botol plastik yang bisa diperas, sehingga lebih mudah digunakan dan pengguna bisa mengendalikan seberapa banyak saus yang keluar.

Bagian penting dalam UX Design adalah memikirkan semua orang yang akan menggunakan produk tersebut. Ini bisa mencakup orang dengan disabilitas atau orang yang memiliki pengalaman hidup yang sangat berbeda dengan kita. Setiap pengguna memiliki kebutuhan dan preferensi unik, dan UX Design harus mempertimbangkan semuanya.

Equitable Design

Equitable Design berarti desain yang adil, yang bermanfaat dan dapat dipasarkan kepada orang-orang dengan beragam kemampuan dan latar belakang. Ini adalah tentang membuat produk yang bisa digunakan oleh semua orang, tanpa memandang latar belakang atau keberagaman mereka.

Membuat Pengalaman Menyenangkan

Pengalaman pengguna juga tentang menjadikan produk lebih menyenangkan digunakan. UX Design menciptakan hubungan positif antara pengguna dan produk dengan memperhatikan pemikiran dan perasaan pengguna.

Bayangkan ketika kamu memesan makanan online. Ketika kamu mencari restoran di Google atau Yelp, kamu bisa melihat foto hidangan dan membaca ulasan dari orang-orang yang sudah makan di sana. Pengalaman ini menjadi lebih menyenangkan karena kamu bisa membuat pilihan yang lebih informasional tentang apa yang akan kamu pesan, dan ini membuat kamu merasa lebih bahagia dengan produk tersebut.

Mengukur Kepuasan Pengguna

Bagaimana kita tahu jika pengguna puas dengan produk? Itu adalah saatnya penelitian masuk. Untuk mengetahui perasaan pengguna, kita harus mengumpulkan bukti tentang bagaimana mereka mengalami produk tersebut secara nyata, dan juga kita perlu bertanya kepada mereka. Kami akan membahas ini lebih mendalam nanti.

Pentingnya UX Design dalam Bisnis

Terakhir, ini adalah mengapa peran UX Designer sangat penting dalam memahami UX Design. UX Designers adalah mereka yang berusaha untuk membuat produk yang mudah digunakan, adil, menyenangkan, dan berguna. Mereka adalah kunci untuk menghubungkan antara pengguna dan produk yang lebih baik.

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu User Experience dan UX Design, serta mengapa hal ini penting bagi kita sebagai pengguna dan bisnis. Ini hanya permulaan dari petualangan kita dalam dunia UX Design.

Subscribe

Related articles

Tips Kolaborasi Efektif antara UI/UX Desainer dan Pengembang

Kerja sama yang solid antara UI/UX desainer dan pengembang...

Aturan Penting yang Harus Dipatuhi oleh Seorang UI/UX Designer

Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) adalah...

Membangun Profil LinkedIn yang Mengesankan untuk UI/UX Designer

Dalam era digital yang semakin maju, LinkedIn telah menjadi...

Meningkatkan Karir Anda dengan Sertifikasi Google UX

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pengalaman pengguna...

Perjalanan Seorang Intern UI/UX Desainer di Udacoding

Sebagai seorang mahasiswa yang bersemangat dan bercita-cita tinggi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here