Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits banget, ya? Emang sih, mode gelap itu keren, keren banget malah. Tapi, dibalik kekerenan itu, ada juga tantangan dan masalah yang mungkin kamu belum tahu. Nah, di sini kita bakal bahas semua tentang mode gelap, dari yang baik sampe yang bikin galau!

Jadi, bayangin deh, desain mode gelap itu kayak ngasih sentuhan drama, gaya, dan elegan gitu. Tapi, kita juga perlu hati-hati, karena ngelangkah ke “sisi gelap” itu enggak semudah yang kamu pikirkan.

Desain sebuah produk itu tanggung jawab utama seorang desainer, lho. Keputusan desain awal itu penting banget, harus sesuai dengan tujuan produk, situasi khususnya, dan juga audiensnya. Warna yang dipilih itu juga harus dipertimbangkan matang-matang, karena bakal ngaruh lama ke depannya. Dan biasanya, pilihan standarnya ya latar belakang putih.

Ada alasan bagus kenapa kita sering pilih latar belakang terang, seperti kontras, teks, dan kemampuan untuk nampilin warna yang halus. Tapi, tentu aja, setiap produk punya karakteristik dan kebutuhan sendiri. Dan kalau kita mau pilih mode gelap, kita juga harus siap menghadapi tantangan.

Misalnya, penting banget nih buat pastiin kontras yang cukup antara teks dan latar belakangnya. Kita juga perlu mikirin konteks penggunaan dan lingkungan di mana antarmuka pengguna bakal dilihat. Dan jangan lupa, mode gelap juga bisa bikin mata kita lebih nyaman, terutama buat yang sering lama-lama depan layar.

Tapi, ya, kita juga enggak bisa sembarangan menggunakan mode gelap. Ada situasi-situasi tertentu yang enggak cocok pake mode gelap, misalnya kalo banyak teksnya atau kalo desainnya campur aduk. Jadi, harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang.

Di sisi lain, ada juga saat-saat yang cocok banget buat pake mode gelap. Misalnya, kalo lagi bikin antarmuka untuk aplikasi hiburan yang biasanya digunakan pas malam hari. Jadi, mode gelap itu sesuai banget dengan konteks penggunaannya.

Intinya, mode gelap itu keren, tapi juga butuh pertimbangan matang. Jadi, sebelum kamu nekat pake mode gelap, pastikan kamu udah mikirin semua aspeknya, ya!

Nah, itu tadi ulasan santai tentang mode gelap. Semoga bermanfaat buat kamu yang lagi mikirin pilihan desain antarmuka. Jangan lupa, terus eksplorasi dan ciptakan desain yang unik dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Subscribe

Related articles

Tips Kolaborasi Efektif antara UI/UX Desainer dan Pengembang

Kerja sama yang solid antara UI/UX desainer dan pengembang...

Aturan Penting yang Harus Dipatuhi oleh Seorang UI/UX Designer

Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) adalah...

Membangun Profil LinkedIn yang Mengesankan untuk UI/UX Designer

Dalam era digital yang semakin maju, LinkedIn telah menjadi...

Meningkatkan Karir Anda dengan Sertifikasi Google UX

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pengalaman pengguna...

Perjalanan Seorang Intern UI/UX Desainer di Udacoding

Sebagai seorang mahasiswa yang bersemangat dan bercita-cita tinggi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here