4 Karateristik Utama Yang Baik Pada UX

Apa yang membuat suatu produk efektif bagi penggunanya? Jawabannya berbeda-beda tergantung produknya. Orang/organisasi yang berbeda mempunyai pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Oleh karena itu, untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik saat user berinteraksi dengan layanan aplikasi/web yang ditawarkan, kita harus selalu mempertimbangkan 4 karakteristik utama yaitu.

  1. Usable (mudah dimengeti)
sumber : photo by Unsplash

Usable mengacu pada sejauh mana suatu aplikasi/web dapat digunakan dan mudah untuk dipahami. Artinya setiap user flow terkait tugas dalam suatu aplikasi harus mudah dimengerti oleh user agar mereka bisa mencapai tujuannya dengan baik.

2. Equitable (adil)

sumber : photo by istockphoto

Equitable mengacu pada sejauh mana suatu produk dapat dinikmati oleh user secara adil dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Produk yang equitable harus mampu memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi kepada semua kalangan tanpa memandang usia, warna kulit, gender, bahasa, dan keterbatasan tertentu. Contohnya, untuk seseorang yang memiliki keterbatasan akan pengelihatan mata. Kita dapat menambahkan opsi membesarkan ukuran text pada desain agar mereka juga mampu melihat text nya dengan jelas.

3. Enjoyable (rasa)

sumber : photo by Unsplash

Enjoyable mengacu pada sejauh mana suatu produk dapat memberikan perasaan senang pada user. Desain yang menyenangkan adalah desain yang mampu menciptakan pengalaman yang lebih positif, bukan sebaliknya.

4. Useful

sumber : photo by Unsplash

Useful mengacu pada sejauh mana suatu produk dapat memecahkan permasalahan yang dialami oleh user. Selama ini, kita dihadapkan dengan banyak desain yang dari segi visual sangatlah indah. Namun, setelah digunakan ternyata tidak dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh user.

Subscribe

Related articles

Relasi dalam Laravel

One-to-One Relasi one-to-one adalah relasi sederhana dan paling umum. Contoh...

XAMPP: Aplikasi Web Server Lokal

Apa itu XAMPP? XAMPP adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk...

Composer: Pengantar dan Cara Menggunakannya

Apa itu Composer? Composer adalah alat untuk manajemen dependensi dalam...

Mailtrap dan Cara Menggunakannya di Laravel

Apa itu Mailtrap? Mailtrap adalah layanan email berbasis web yang...

Bootstrap vs Tailwind: Perbandingan Framework CSS

Bootstrap dan Tailwind adalah dua alat yang paling populer untuk membangun aplikasi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here