Mengenal UI/UX Dan Perbedaannya

Ap aitu UI/UX?

UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua aspek yang terikat dalam pengembangan produk digital. Mereka berfokus pada cara pengguna berinteraksi dengan suatu produk dan bagaimana produk tersebut memberikan pengalaman yang memuaskan.

UI (User Interface)

UI (User Interface atau Antarmuka Pengguna) merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dari mesin atau komputer yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Tujuan utama UI adalah mempermudah pengguna/user saat menggunakan sebuah produk secara efektif. Sederhananya, UI Design adalah bagaimana tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi lebih menarik.

 UX (User Exprience)

UX (User Experience) merupakan pengalaman pengguna/ user saat menggunakan/berinteraksi dengan sebuah produk. UX bersifat subyektif karena sangat bergantung pada persepsi dan pemikiran individu, yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk. Untuk itu dilakukan proses UX Design yakni proses untuk membuat sebuah produk agar mudah dan tidak membingungkan saat digunakan oleh user

Sejarah UX

Istilah UX ini dipopulerkan oleh seorang akademisi sekaligus praktisi di bidang design & usability bernama Don Norman. Beliau memperkenalkan istilah “User Experience” ketika bekerja di Apple sekitar tahun 1993–1997.

Don Norman mengatakan UX itu segalanya: pengalaman sesuatu di dunia, bagaimana caramu mengalami hidup, melalui sebuah pelayanan tertentu, dan juga ya pengalaman menggunakan situs web atau komputer juga. tetapi, sistem ini mencakup segalanya.

Dapat kita simpulkan dari perkataan Don Norman bahwa kita bisa ketahui bahwa UX pada dasarnya berkaitan dengan strategi membuat pengalaman yang bisa memecahkan masalah atau ketidak-nyamanan pengguna dalam menggunakan suatu produk untuk memenuhi apa yang ingin mereka selesaikan.

Perbedaan antara UI & UX

UI dan UX adalah suatu yang berbeda, namun keduanya saling terkait satu sama lain. UI itu adalah bagaimana sebuah produk dirancang atau ditata. Sementara UX adalah bagaimana sebuah produk dirasakan oleh pengguna.

Subscribe

Related articles

Web Developer | Pengalaman Magang di Udacoding

Udacoding menjadi salah satu tempat, dimana peserta magang...

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits...

TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here