Memahami Tiga Jenis Relasi Tabel Database: One-to-Many, One-to-One, dan Many-to-Many

Dalam desain database, tiga jenis relasi tabel utama adalah one-to-many, one-to-one, dan many-to-many. Relasi ini menggambarkan hubungan antar tabel dalam suatu database.

1. One-to-Many (Satu-ke-Banyak)

Dalam relasi satu-ke-banyak, satu baris dalam tabel pertama dapat memiliki banyak baris di tabel kedua, tetapi setiap baris dalam tabel kedua hanya dapat terhubung dengan satu baris di tabel pertama. Misalnya, pada tabel penjualan, satu pelanggan dapat memiliki banyak pesanan, tetapi setiap pesanan hanya dapat terkait dengan satu pelanggan.

2. One-to-One (Satu-ke-Satu)

Relasi satu-ke-satu terjadi ketika setiap baris dalam tabel pertama hanya terhubung dengan satu baris di tabel kedua, dan sebaliknya. Contohnya dapat ditemukan dalam hal data yang bersifat spesifik seperti tabel pengguna dan tabel profil pengguna.

3. Many-to-Many (Banyak-ke-Banyak)

Dalam relasi banyak-ke-banyak, setiap baris dalam tabel pertama dapat terhubung dengan banyak baris di tabel kedua, dan sebaliknya. Untuk mewakili relasi ini, kita memerlukan tabel penghubung yang mencatat keterkaitan antara dua tabel. Contoh umumnya terdapat dalam hubungan antara entitas seperti mahasiswa dan mata kuliah, di mana satu mahasiswa dapat mengambil banyak mata kuliah, dan satu mata kuliah dapat diikuti oleh banyak mahasiswa.

Subscribe

Related articles

Web Developer | Pengalaman Magang di Udacoding

Udacoding menjadi salah satu tempat, dimana peserta magang...

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits...

TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here