Membongkar Rahasia yang Dapat Meningkatkan Kualitas Produk Kamu!

Photo by Austin Distel on Unsplash

Kenapa sih kita harus peduli sama orang-orang dengan kebutuhan khusus tuh penting banget pas kita lagi rancang sesuatu. Orang-orang dengan disabilitas juga punya tujuan yang sama pas pake produk yang kamu rancang. Dan aksesibilitas itu nggak cuma buat mereka aja, tapi buat siapa aja yang lagi alami disabilitas permanen, sementara, atau situasional. Jadi, kamu harus punya pikiran buat bikin produk yang bisa dipake semua orang. Sebagai desainer UX, kita nggak boleh ninggalin siapapun, termasuk Betty, Angela, atau Juan.

Kamu harus tahu nih, kadang pengalaman orang dengan disabilitas bisa beda karena kebutuhan mereka nggak dianggep saat awal desain. Terkadang, nggak mempertimbangkan mereka bisa berakibat serius, contohnya soal rute evakuasi pas kebakaran. Biasanya kan orang disarankan pake tangga buat keluar gedung. Tapi gimana dengan orang yang pakai kursi roda? Mereka nggak dipikirin dalam rencana evakuasi itu. Aksesibilitas itu penting banget buat semua orang. Mulai kenalin diri kamu sama pengalaman orang dengan disabilitas pas pake produk digital. Juga, obrol sama mereka dan coba teknologi bantu yang biasa mereka pakai.

Nonton video dari para ahli yang lagi pake teknologi bantu bisa bantu kamu lebih paham. Ada banyak video yang nunjukkin itu, atau kamu bisa juga nyoba sendiri teknologi bantu itu. Model interaksi keyboard tuh jadi titik awal yang bagus buat ngerti pola interaksi dasarnya ATs. Kadang kita cuma pakai mouse buat komputer tanpa sadar kalo ada saat-saat kita malah butuh keyboard. Misalnya aja, pas kamu isi form penelitian seseorang, kamu mungkin pake mouse buat pindah ke field form baru, kayak nama. Lalu kamu bisa teken “Enter” atau “Return” di keyboard buat ngirim form, tanpa klik tombolnya pake mouse. Aksesibilitas itu penting banget, guys! Kita sebagai desainer UX harus bisa berempati sama calon pengguna kita, yang termasuk orang-orang dengan disabilitas.

Tips Pas Riset Pengguna Buat Bikin Produk yang Bisa Dipake Semua

Aksesibilitas itu buat desain produk, perangkat, layanan, atau lingkungan buat orang-orang dengan disabilitas. Rancang buat aksesibilitas itu harus pertimbangkan perjalanan semua pengguna, sambil tetap perhatiin disabilitas permanen, sementara, atau situasional mereka. Dengan riset cara orang-orang dengan disabilitas berinteraksi sama produk kayak yang kamu punya, kamu bisa lebih ngerti cara merancang buat mereka. Kita nggak bisa nebak semua cara pengguna bakal alami produk kamu, itu sebabnya penting banget buat masukin orang-orang dengan disabilitas dalam riset kamu.

Berikut beberapa pertimbangan yang harus lo perhatiin saat lagi riset selama fase empati dalam proses desain:

  1. Mulai dari permanen (satu lengan), sementara (cedera lengan), dan situasional (orangtua baru)
  2. Sentuhan: Gimana caranya kamu bakal rancang buat pengguna yang cuma punya satu lengan, baik secara permanen, sementara, atau situasional?
  3. Tentuin di mana kamu bakal taro tombol dalam desain kamu berdasarkan beberapa ukuran tangan yang berbeda.
  4. Bikin fitur yang bisa memungkinkan tap ganda buat hindari klik ikon yang nggak sengaja.
  5. Aktifin fitur keyboard satu tangan dan kompatibilitas keyboard umum.

Subscribe

Related articles

Web Developer | Pengalaman Magang di Udacoding

Udacoding menjadi salah satu tempat, dimana peserta magang...

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Dark Theme

Ngomongin mode gelap, kayaknya sekarang lagi jadi yang hits...

TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here