Situs Belajar Coding Online Gratis Terbaik untuk Pemula

https://www.binaracademy.com/blog/belajar-coding-online-gratis

Memulai perjalanan belajar coding bisa menjadi tantangan yang menakutkan, terutama bagi pemula. Untungnya, ada banyak sumber daya online gratis yang dapat membantu Anda memulai. Berikut adalah beberapa situs terbaik yang menawarkan kursus coding gratis untuk pemula:

1. Codecademy

Codecademy adalah salah satu platform paling populer untuk belajar coding. Situs ini menawarkan berbagai kursus interaktif dalam berbagai bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, HTML, CSS, dan banyak lagi. Interface yang interaktif dan tutorial langkah demi langkah menjadikan Codecademy pilihan ideal untuk pemula.

2. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp menawarkan kurikulum lengkap yang mencakup HTML, CSS, JavaScript, React, Node.js, dan banyak lagi. Platform ini tidak hanya menyediakan tutorial interaktif tetapi juga proyek dan tantangan coding yang dapat membantu Anda membangun portofolio nyata. Selain itu, Anda bisa mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

3. Khan Academy

Khan Academy menawarkan kursus pengantar dalam HTML, CSS, dan JavaScript yang sangat cocok untuk pemula. Situs ini menggunakan video tutorial yang jelas dan interaktif, serta tantangan coding yang membantu memperkuat pemahaman Anda.

4. Coursera

Coursera bekerja sama dengan universitas dan organisasi ternama untuk menawarkan kursus coding gratis. Anda bisa belajar dasar-dasar pemrograman, pengembangan web, ilmu data, dan banyak lagi. Meskipun beberapa kursus mungkin berbayar, banyak yang menawarkan akses gratis ke materi kursus jika Anda memilih audit saja.

5. edX

edX adalah platform lain yang bekerja sama dengan universitas terkemuka untuk menawarkan kursus coding gratis. Anda dapat menemukan kursus pengantar dalam berbagai bahasa pemrograman, serta kursus yang lebih mendalam dalam pengembangan web, ilmu komputer, dan kecerdasan buatan.

6. MIT OpenCourseWare

MIT OpenCourseWare menawarkan materi kuliah gratis dari kursus-kursus yang diajarkan di MIT. Anda bisa mengakses kursus pengantar dalam ilmu komputer, pemrograman, dan banyak lagi. Meskipun tidak seinteraktif beberapa platform lain, sumber daya ini sangat berharga karena materi berasal dari salah satu institusi pendidikan terkemuka di dunia.

7. W3Schools

W3Schools adalah sumber daya belajar online yang sangat baik untuk web development. Situs ini menawarkan tutorial yang mudah diikuti dalam HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, dan banyak lagi. W3Schools juga menyediakan editor online sehingga Anda bisa langsung mencoba kode Anda.

8. The Odin Project

The Odin Project adalah kurikulum open-source yang mencakup semua yang Anda butuhkan untuk menjadi pengembang web full-stack. Kursus ini mencakup HTML, CSS, JavaScript, Git, Node.js, dan banyak lagi. Platform ini juga menawarkan proyek nyata yang dapat Anda kerjakan untuk membangun portofolio Anda.

9. Sololearn

Sololearn menawarkan kursus singkat dan interaktif dalam berbagai bahasa pemrograman. Platform ini juga memiliki komunitas yang aktif di mana Anda bisa berbagi kode, bertanya, dan belajar dari orang lain. Sololearn cocok untuk belajar pemrograman di waktu luang Anda.

10. Udacity

Meskipun banyak kursus Udacity yang berbayar, ada beberapa kursus gratis yang sangat bagus untuk pemula. Kursus pengantar dalam pemrograman, pengembangan web, dan ilmu data dapat membantu Anda memulai karir di bidang teknologi.

Dengan banyaknya sumber daya online gratis yang tersedia, belajar coding menjadi lebih mudah dan terjangkau. Pilihlah platform yang sesuai dengan gaya belajar Anda dan mulailah perjalanan Anda dalam dunia pemrograman. Selamat belajar!

Subscribe

Related articles

Panduan Migrasi Database di Laravel

Pendahuluan Migrasi database adalah salah satu fitur penting di Laravel...

Penggunaan Machine Learning dalam Pengembangan Web

Machine learning (ML) adalah cabang dari kecerdasan buatan (AI)...

Mengenal Vue.js: Membuat Antarmuka Pengguna yang Dinamis

Vue.js adalah salah satu framework JavaScript yang populer digunakan...

Keamanan Aplikasi Web: Mengamankan Aplikasi Laravel Anda

Keamanan aplikasi web adalah aspek kritis yang harus diperhatikan...

Membangun API dengan Laravel: Best Practices

Laravel adalah framework PHP yang sangat populer untuk membangun...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here