TinyMCE: Solusi Praktis untuk Konten Web yang Lebih Interaktif

0
9
Baraja Coding

TinyMCE adalah alat untuk membuat dan mengedit teks di situs web dengan mudah. Ini memungkinkan Anda mengatur teks, menambahkan gambar, tabel, dan lainnya, tanpa harus tahu banyak tentang kode HTML atau CSS.

Apa Itu TinyMCE?

TinyMCE adalah alat untuk mengedit teks di situs web. Dapat membuat teks terlihat bagus tanpa perlu tahu kode-kode rumit.

Fitur-fitur TinyMCE:

  1. Antarmuka Intuitif: TinyMCE menyediakan antarmuka yang mirip dengan pengolah kata, sehingga memudahkan pengguna untuk membuat dan mengedit konten.
  2. Opsi Kustomisasi: Pengguna dapat menyesuaikan toolbar, menambahkan plugin, dan mengonfigurasi berbagai pengaturan untuk menyesuaikan editor sesuai kebutuhan mereka.
  3. Kompatibilitas: TinyMCE kompatibel dengan semua browser web modern, termasuk Chrome, Firefox, Safari, dan Edge.
  4. Desain Responsif: Editor ini menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar dan perangkat, memastikan pengalaman penyuntingan yang mulus di desktop maupun perangkat mobile.
  5. Pemformatan Konten: TinyMCE memungkinkan pengguna untuk menerapkan gaya pemformatan seperti tebal, miring, garis bawah, dan lainnya pada teks. Ini juga mendukung pembuatan daftar berpoin dan bernomor.
  6. Penyisipan Media: Pengguna dapat dengan mudah menyisipkan gambar, video, file audio, dan elemen multimedia lainnya ke dalam konten mereka.
  7. Tabel dan Tata Letak: TinyMCE menyediakan alat untuk membuat dan memformat tabel, serta mengelola tata letak konten dalam halaman web.
  8. Pemeriksa Ejaan: Editor ini menyertakan pemeriksa ejaan bawaan untuk membantu pengguna mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan ejaan.

Cara instalasi TinyMCE pada Web

Langkah 1: Unduh TinyMCE:

Kunjungi situs web TinyMCE dan unduh versi terbaru dari editor tersebut. Dapat memilih antara Edisi Komunitas, yang gratis dan sumber terbuka, atau paket premium dengan fitur tambahan dan dukungan.

Langkah 2: Sertakan File TinyMCE dalam Proyek Anda:

Ekstrak file yang diunduh dan sertakan dalam direktori proyek. Perlu menyertakan file JavaScript dan CSS yang diperlukan dalam halaman HTML.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <title>Editor TinyMCE Saya</title>
    <script src="tinymce/tinymce.min.js" referrerpolicy="origin"></script>
    <script>
        tinymce.init({
            selector: 'textarea'  // Ganti elemen <textarea> dengan editor TinyMCE
        });
    </script>
</head>
<body>
    <textarea></textarea>
</body>
</html>

Langkah 3: Inisialisasi TinyMCE:

Pada tag <script>, gunakan fungsi tinymce.init() untuk menginisialisasi editor. Anda dapat menyesuaikan opsi inisialisasi berdasarkan kebutuhan Anda. Pada contoh ini, kami menargetkan semua elemen <textarea> di halaman untuk digantikan oleh editor TinyMCE.

Langkah 4: Kustomisasi Konfigurasi (Opsional):

TinyMCE menawarkan berbagai opsi konfigurasi yang memungkinkan untuk menyesuaikan perilaku dan tampilan editor. Dapat merujuk ke dokumentasi TinyMCE untuk daftar lengkap opsi konfigurasi.

Langkah 5: Uji Instalasi Anda:

Buka halaman HTML di browser web, dan Anda seharusnya melihat editor TinyMCE ditampilkan sebagai pengganti elemen <textarea>. Sekarang Anda dapat mulai membuat dan mengedit konten menggunakan TinyMCE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here