Tampil Beda dengan Mode Gelap atau Terang? Yuk, Kita Bahas Alasannya!

Photo by Carolina Pimenta on Unsplash

Siapa sih yang nggak suka mode gelap? Atau mungkin kamu tetap setia sama mode terang? Pilihan antara mode gelap dan terang ternyata bikin banyak orang punya alasan berbeda, lho! Ada yang bilang mode gelap bikin mata lebih nyaman dan hemat baterai, atau mungkin buat yang suka privasi. Tapi, di sisi lain, ada juga yang masih setia sama mode terang karena ngerasa lebih mudah dibaca dan tampilannya lebih cerah.

Sementara itu, banyak situs web dan aplikasi masih belum ngegas banget dengan mengadopsi fitur mode gelap. Nah, hal ini bikin pertanyaan muncul: apa sih yang bikin orang lebih milih mode gelap atau mode terang di berbagai aplikasi dan situs web?

Jadi, apa sih mode gelap itu sebenarnya? Mode gelap adalah tema di mana latar belakangnya berwarna gelap, biasanya hitam atau abu-abu gelap, dengan teks dan elemen-elemen lainnya berwarna terang. Sementara mode terang, seperti namanya, memiliki latar belakang berwarna terang dengan teks dan elemen lainnya berwarna gelap. Sekilas, mungkin tampak seperti perbedaan kosmetik biasa, tapi alasan di balik preferensi pengguna bisa jadi lebih dalam dari yang kamu kira!

Apa yang Mendorong Pilihan Mode?

Sebuah penelitian dari Universitas Turku telah melakukan survei untuk mencari tahu mengapa pengguna memilih satu mode daripada yang lain. Hasilnya cukup mengejutkan! Ternyata, ada beberapa faktor yang memengaruhi preferensi mode pengguna.

Pertama-tama, ada yang berpendapat bahwa mode gelap lebih nyaman digunakan karena mengurangi ketegangan mata dan menghemat daya baterai. Jadi, jika kamu sering merasa mata lelah setelah berlama-lama menatap layar ponsel atau laptop, mungkin mode gelap bisa menjadi pilihan yang lebih baik untukmu!

Namun, ada juga yang lebih suka mode terang karena dianggap lebih mudah dibaca dan memberikan tampilan yang lebih cerah. Terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat untuk keperluan profesional, mode terang bisa menjadi pilihan yang lebih disukai.

Perbedaan Berdasarkan Usia dan Waktu Layar

Ternyata, preferensi mode juga bisa dipengaruhi oleh usia dan berapa lama kita menghabiskan waktu di depan layar. Misalnya, orang-orang muda cenderung lebih suka mode gelap karena lebih estetis dan mengikuti tren desain, sementara generasi yang lebih tua lebih memilih mode terang untuk pengalaman yang lebih jelas dan mudah dibaca.

Jadi, bagaimana denganmu? Apakah kamu lebih suka mode gelap atau mode terang? Apapun preferensimu, yang penting adalah kamu memiliki pilihan untuk memilih mode yang paling nyaman bagimu!

Mengapa Ini Penting?

Mengetahui alasan di balik preferensi pengguna terhadap mode tema bisa sangat berguna bagi pengembang dan desainer web. Ini bisa membantu mereka dalam merancang antarmuka yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan pengalaman pengguna, dan bahkan meningkatkan keterlibatan pengguna di platform mereka.

Jadi, apakah kamu lebih suka mode gelap atau mode terang? Jawabannya mungkin beragam, tapi yang pasti, pilihanmu bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kenyamanan mata, kebiasaan penggunaan layar, atau bahkan usia.

sumber: Dark Mode Preferences: Exploring User Motivations in Interface Theme Selection University of Turku, Department of Computing, Faculty of Technology, Master of Science Thesis, November 2023.

Subscribe

Related articles

Memahami Microservices dengan Laravel

Microservices adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak di mana...

Tailwind CSS: Panduan Lengkap dan Keunggulannya

Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang semakin...

Bagaimana sih cara menjadi Web Developer?

Memulai Karier sebagai Web Developer Meskipun sudah mengetahui berbagai keterampilan...

Laravel 11 : Send Mail by Gmail SMTP

Mengirim Email Menggunakan Gmail SMTP di Laravel 11 Mengirim email...

Cara mendapatkan Kredensial token email

Mendapatkan Credential Token Email di Laravel Dalam aplikasi web modern,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here